Sunday, August 13, 2017

Presiden Jokowi Luncurkan Program Penguatan Pendidikan Pancasila

indojejaring.com -Presiden Joko Widodo meresmikan Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila yang diprakarsai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Bertempat di Istana Bogor pada Sabtu (12/8/2017) Presiden Jokowi dalam kesempatan ini berbaur bersama ratusan mahasiswa, dosen serta tamu undangan lainnya untuk melakukan senam pagi.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai negara yang besar dan majemuk kita harus berbangga dan dapat mensejajarkan diri dengan negara besar lain. “Tantangan ke depan bukan semakin mudah tapi semakin berat. Tanpa ada sebuah ideologi yang mengarahkan, akan sulit bagi kita untuk berkompetisi dengan negara-negara lain. Apa ideologi itu? Pancasila,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan tantangan lainnya adalah perubahan dunia yang sangat cepat. Perubahan itu berkaitan dengan teknologi, sehingga beliau menghimbau agar transisi atas perubahan harus diantisipasi. “Perubahan harus disikapi bersama, untuk itu kita harus memperkuat nilai karakter bangsa kita,” Presiden Jokowi menegaskan.
Menurut Presiden Jokowi semua harus diperkuat termasuk nilai-nilai kegamaan. Pasalnya terjangan pertarungan ideologi itu nyata adanya, seperti terjangan yang terjadi melalui media sosial yang akhir-akhir ini.

Presiden Jokowi mengingatkan, “Jangan sampai karakter ke-Indonesiaan kita hilang karena terjangan infiltrasi ideologi.”
Terakhir, Presiden Jokowi mengajak semua kalangan mulai dari Perguruan Tinggi, ormas keagamaan dan kepemudaan untuk membangun kembali ideologi Pancasila. Presiden Jokowi menuturkan bahwa Pemerintah dan UKP-PIP tidak mungkin bekerja sendiri, semua elemen bangsa harus ikut terlibat aktif.

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment