Monday, January 22, 2018

INFORMASI BEASISWA BANK INDONESIA

Beasiswa Bank Indonesia tentu memiliki tujuan dengan adanya beasiswa ini. Tujuan keberadaan beasiswa ini yaitu untuk meningkatkan kualitas generasi muda terutama bagi para mahasiswa. Beasiswa ini juga menjadi bagian kegiatan sosial yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Kisaran beasiswa yang dikeluarkan juga bernilai cukup bervariasi dan terbilang cukup menggiurkan, yaitu sekitar Rp 500.000,- hingga Rp 750.000,- untuk setiap bulan. Beasiswa ini juga termasuk ke dalam jenis beasiswa yang dikeluarkan untuk keluarga dari kalangan tidak mampu yang berprestasi.
Syarat untuk penerima beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia hanya mengeluarkan beasiswa bagi mahasiswa regular dengan persyaratan seperti berasal dari keluarga tidak mampu, dengan indeks prestasi kumulatif atau IPK minimal 3.00. IPK ini terhitung sejak semester satu. Namun bagi mahasiswa yang memiliki IPK lebih dari 3.50, kisaran beasiswa menjadi sedikit berbeda. Untuk mahasiswa yang memiliki IPK diatas atau sama dengan 3.50 akan menerima beasiswa sekitar Rp 1.200.000,- hingga Rp 1.500.000,- untuk tiap bulan. 
NBeasiswa ini memiliki jumlah yang cukup terbatas. Beasiswa ini hanya diberikan kepada setidaknya 80 orang mahasiswa dangan IPK sama dengan atau lebih dari 3.50. Menariknya, beasiswa Bank Indonesia dikeluarkan setiap tahunnya untuk mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Persyaratan beasiswa dari Bank Indonesia secara lengkapnya yaitu sebagai berikut;
  1. Mahasiswa aktif dari salah satu universitas yang telah ditentukan Bank Indonesia
  2. Mahasiswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa lainnya atau tengah berada dalam ikatan dinas dengan lembaga atau instansi selain Bank Indonesia dalam ketika mengajukan beasiswa.
  3. Mahasiswa setidaknya telah menempuh kuliah minimal 3 semester, atau mahasiswa telah menempuh setidaknya 40 SKS.
  4. Indeks kumulatif prestasi atau IPK minimal 3.00 pada kisaran 4
  5. Mahasiswa penerima beasiswa maksimal berusia 23 tahun untuk menerima beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2017.
  6. Calon penerima beasiswa juga merupakan seorang mahasiswa yang aktif dalam kegiatan sosial yang memiliki manfaat untuk masyarakat. Atau mahasiswa telah mengikuti kegiatan organisasi sosial di kampus.
  7. Mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu
  8. Untuk mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia, mahasiswa calon penerima beasiswa harus bersedia mengikuti serta berperan aktif dalam kegiatan dan komunitas Generasi Baru Indonesia serta ikut serta dalam semua kegiatan yang diadakan oleh Bank Indonesia.
  9. Mahasiswa calon penerima beasiswa mendapatkan surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi seperti rektor atau pembantu rektor.

2 comments: